Diet Dan Rambut Rontok



Diet Dan Rambut Rontok



Rambut rontok adalah kondisi yang sering dialami oleh hampir semua orang.Baik pria ,wanita,dewasa dan anak anak, bisa mengalami kerontokan rambut.

Manusia bisa mengalami rambut rontok 50 hingga 100 helai perhari.  Meskipun terdengar menyeramkan ,kerontokan rambut pada umumnya tidak akan menyebabkan penipisan rambut atau bahkan kebotakan di kepala, karena manusia memiliki sekitar 100 ribu helai rambut di kepala. Selain itu helai rambut baru akan tumbuh seiring rontoknya rambut.

Ada banyak hal yang menyebabkan rambut rontok. Penyebab rambut rontok yang paling umum adalah faktor genetik, masalah hormon yang tidak seimbang, hipotiroid ( kelenjer tiroid yang kurang aktif ), stress , hingga kondisi medis tertentu.

Bagaimana dengan diet ???? diet juga bisa ikut menyebabkan kerontokan rambut meskipun jarang.Semua tergantung pada jenis diet yang dijalani, mengubah pola makan dengan pantang makanan tertentu atau membatasi porsi makan dapat membuat tubuh kekurangan gizi atau nutrisi tertentu.

Jika ingin menurunkan berat badan dan sekaligus meminimalisir kemungkinan terjadinya rambut rontok, maka  harus memerhatikan berapa banyak protein yang di asup tiap harinya. Rata-rata asupan protein harian yang disarankan adalah 46 gram.

Ide yang bagus juga untuk menambah sedikit zat besi dalam makanan, karena zat besi merupakan mineral penting yang dapat menumbuhkan rambut, dan juga kulit serta kuku.

Zat besi bisa di dapatkan melalui makanan berikut:

1. Sayuran seperti brokoli dan bayam
2. Buah-buahan seperti alpukat dan buah tin/buah ara
3. Protein hewani seperti telur dan daging sapi tanpa lemak
4. Suplemen kesehatan yang mengandung zat besi

Atau jika rambut masih tetap rontok meski  sudah menjaga asupan protein, Dengan mengosumsi suplamen biotin dapat mengurangi rambut rontok , meningkatkan sirkulasi darah dikepala dan meremajakan folikel rambut. Suplemen tersebut mengandung ekstra vitamin bagi tubuh. Namun perlu diingat, rontok rambut ini bukanlah hal yang permanen yang perlu di takutkan! 

Komentar

Postingan Populer